Pondok Pesantren Modern Di Jakarta – Jakarta (ANTARA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Sabtu (27/8) membuka Asrama Tahfidz Disabilitas Islam KHAhad Lutfi Fathulah di Jalan Anungal Jaya, Kelurahan Saping Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.
Sekolah tersebut merupakan Pondok Pesantren Tuna Rungu pertama DKI di Jakarta dan Pondok Pesantren Tuna Rungu kedua di Indonesia setelah Pondok Pesantren Tuna Rungu Darul Asho di Yogyakarta.
Sekolah Islam Tahfidz Difabel dikelola oleh Ahad Sholeh, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pemanfaatan, Baznas Bazis DKI, Jakarta.
Menurutnya, peran Baznas Bazis DKI Jakarta adalah membantu penyandang disabilitas menikmati hak-hak dasarnya, salah satunya pendidikan agama.
“Saya berharap anak-anak yang saat ini belum bisa membaca Al-Qur’an belum mengetahui apa itu isla atau shalat. Tugas kita untuk mendidik mereka,” kata Sholeh.
Pondok Pesantren Tahfidz yang merupakan sekolah bagi penyandang disabilitas ini merupakan gagasan Baznas Bazis KH Ahad Lutfi Fathullah, Presiden DKI Jakarta, jelas Sholeh.
Selain itu, menurut Scholey, penyandang tunanetra lebih baik dalam mempelajari Al-Qur’an karena dapat mendengarnya, sehingga berbeda dengan penyandang tunarungu.
“Tetapi kalau mereka tunarungu, kemampuannya terbatas. Mereka masih harus belajar membaca Al-Quran dan belum bisa salat, maka itu akan kita prioritaskan,” ujarnya.
Kedepannya Baznas Bazis akan membuka pesantren Tahfidz untuk laki-laki penyandang disabilitas dan sedang mencari guru pesantren.
Ustaz Ayub, guru Sekolah Tahfidz Islam Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Juat. (02/09/2022) ANTARA/Lutfia Iranda Putri
Sementara itu, Ustaz Ayub Syahrul, salah satu guru asrama, menjelaskan proses belajar mengajar kepada siswi di sana.
Menurutnya, pendidikan anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan pendidikan anak normal. Mereka biasanya memerlukan lebih banyak privasi.
“Memang benar anak berkebutuhan khusus punya privasi lebih dibandingkan anak normal. Menurut RRT, mereka pun tidak bisa dipanggil dengan nama depannya, hanya bisa dipanggil dengan inisialnya saja,” ujarnya.
Oleh karena itu, anak penyandang disabilitas dapat membaca perilaku seseorang dengan lebih sensitif dan melihat apakah orang lain terbuka terhadapnya.
“Tidak hanya ilmu yang kita berikan, tapi juga rasa percaya diri, karena banyak orang berkebutuhan khusus, tapi anak-anak ini tidak punya kasih sayang,” ujarnya.
Jadi kita harus memberi contoh langsung seperti salat Tahajud. Kita juga harus salat. Bukan seperti santri yang sah. Kita harus lihat dulu baru mereka bisa meniru dan mengamalkannya, ujarnya.
Ayub mengatakan, kedepannya pesantren akan menyelenggarakan kelas-kelas untuk mengembangkan bakat dan keterampilan sesuai hobi santri.
“Rencananya memadukan bakat dengan hobi anak, menggambar, komputer, seni, bela diri. Melatih perhatian mereka yang masih kurang,” ujarnya.
Dalam kontraknya, Ustaz Inya Ikraah mengajar 10 santri angkatan pertama di pesantren tersebut selama satu bulan.
In’a mengatakan, para siswa tersebut berasal dari Jabodetabek, sebagian besar berasal dari Depok dan Priok, serta berusia 13 hingga 19 tahun pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SP) dan Sekolah Menengah Atas (SA).
Kegiatan sehari-hari bagi santri antara lain tahajjud, salat subuh, dilanjutkan apel, andi, dan sarapan pagi.
Menjelang malam, siswa dapat menyucikan diri untuk mengikuti aktivitas sehari-hari menghafal Al-Qur’an. Mereka akhirnya beristirahat di asrama di lantai dua.
Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu siswa dipandu dengan menonton film Islay, aktivitas fisik, bersepeda, olah raga dan permainan seperti puzzle dan puzzle.
Keempat guru tersebut terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki yang pertama kali bersekolah di Pondok Pesantren Darul Asho Yogyakarta.
Sementara itu, dalam mempelajari Al-Qur’an, siswa tunarungu mempunyai cara lain dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu menghafal setiap huruf hijaya.
“Hafal Al-Qur’an huruf demi huruf. Menulisnya seperti menggerakkan alif di papan tulis. Jadi menulis, menggerakkan tangan,” tuturnya.
“Saya belum pernah pegang sapu. Jadi kita bantu mereka pegang sapu, bantu mereka cuci piring, cuci piring, karena di sini mereka belajar agama dan mengaji, dan mandiri,” ujarnya. .
Namun, meskipun kemampuan komunikasi dan bahasa mereka berbeda dengan anak-anak lain, mereka mengharapkan siswanya memiliki pendidikan yang setara dengan SA.
Sebagai jurusan psikologi, ustaz ini sudah lama menyatakan kegemarannya dalam mengabdi kepada masyarakat, sehingga mengajar di pesantren menjadi sumber pahala.
“Perasaan mengajar di sini luar biasa, seperti selalu duduk di masjid mencari pahala. Ibaratnya mendapat pahala jika merawat murid-muridnya,” kata In’a.
Santri penghafal Al Quran di Pondok Pesantren Tahfidz Difabel di Lebak Bulus, Juat, Jakarta Selatan. (02/09/2022) ANTARA/Luthfia iranda Putri menjadi
“Sebenarnya teman-temannya terbatas, jadi kita berharap teman sebaya bisa menjadi teman,” tegasnya.
In’a berharap, ketika santrinya lulus dari pesantren, mereka akan berintegrasi ke masyarakat dan menggunakan ilmunya untuk mendidik anak-anaknya di masa depan.
Sementara itu, salah satu santri, Esa mengaku senang bersekolah di Pondok Pesantren Tahfidz penyandang disabilitas karena bisa belajar mengaji.
“Senang belajar di sini. Hafal Al-Qur’an enak, dan teman-teman juga baik,” kata Yesa dengan bahasa isyarat, dan In’a membantu menerjemahkan.
“Yesa hobinya belajar Alquran. Beliau suka sekali. Mereka tidak bisa memaksakan diri kecuali lelah atau ngantuk,” santri Pondok Pesantren Bumi Sholawat mengikuti Ramadhan bersama yang lebih bermakna. Wisata, Asrama Islam Paragon, Asrama Islam Bumi Shalawat, Sidoarjo, Senin 3 April 2023 (Dok./Dinny Mutiah)
, Pondok Pesantren Putri di Jakarta merupakan lembaga pendidikan Islam yang mempunyai peranan penting dalam pengembangan pendidikan dan kehidupan beragama di Indonesia. Tujuan utama pendidikan pesantren bagi anak perempuan adalah untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang Islam serta keterampilan akademik dan lainnya. Sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan, pesantren putri mempunyai ciri dan tujuan tersendiri yang membedakannya dengan lembaga pendidikan lainnya.
Di pesantren putri, siswi mengikuti gaya hidup yang sangat terstruktur. Kegiatan mereka sehari-hari antara lain berdoa, mengaji, dan kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu, pengembangan karakter akan menjadi salah satu bidang utama ketika mereka belajar tentang moral dan standar etika Islam. Di pesantren putri, kehidupannya sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam seperti kasih sayang, gotong royong, dan peduli terhadap sesama. Ketaatan terhadap kedisiplinan dan tata tertib pesantren merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan santri.
Sekolah berasrama putri juga menawarkan pelatihan kepemimpinan dan kemandirian bagi siswi. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan menjadi pemimpin sosial yang efektif. Selain itu, pesantren putri memiliki tradisi dan budaya yang unik, seperti merayakan hari raya Islam dan kegiatan sosial.
Peran pesantren dalam pendidikan Indonesia sangatlah penting. Mereka membantu menyebarkan nilai-nilai Islam dan berkontribusi terhadap pengembangan karakter anak perempuan mereka. Pondok pesantren putri berperan penting dalam melahirkan generasi muda muslim yang taat beragama dan berpendidikan. Pondok pesantren putri memiliki pendekatan dan tradisi yang berbeda-beda, namun semuanya berkontribusi terhadap keragaman dan kekayaan budaya dan agama Indonesia.
Bagi orang tua/wali dan calon santri yang berencana bersekolah di pesantren putri, berikut daftar pesantren putri terbaik di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber hingga Kamis (07/09/2023).
Mereka melihat empat perempuan muda mencoba menantang kebijakan organisasi mereka. Mereka mengaku sudah tidak kuat lagi dalam memilih makanan
Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri merupakan lembaga pendidikan Islam yang merupakan cabang dari Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri. Pondok pesantren ini pertama kali didirikan pada tahun 1990 dan saat ini memiliki sekitar 8 kampus yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pondok pesantren ini menerapkan kurikulum unik yang memadukan metode pesantren modern dengan unsur model pesantren salafi tradisional dalam upaya menciptakan pendidikan yang holistik, namun menggunakan sistem modern.
Fasilitas yang dimiliki pesantren ini sangat lengkap, antara lain masjid untuk ibadah dan kegiatan keagamaan, gedung sekolah untuk keperluan akademik dan pendidikan, rumah musim panas, sarana olah raga untuk pendidikan jasmani dan klinik kesehatan. peran Anda dalam menjaga kesehatan Anda dalam kesehatan fisik dan kesejahteraan siswa. Asrama juga menyediakan akomodasi dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan beribadah.
Menggabungkan pendidikan modern dengan nilai-nilai Salafi yang kuat, Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri menyediakan lingkungan yang menumbuhkan perkembangan akademik dan spiritual para santrinya.
Perguruan Tinggi Diniya Putri Padang Panjang merupakan pesantren khusus putri yang telah berdiri sejak tahun 1923 dan merupakan salah satu perguruan tinggi putri tertua di Indonesia. Pondok pesantren ini dirintis oleh orang penting yaitu Ibu Rahma El Yunusia yang mempunyai visi kuat untuk mendirikan pusat pendidikan Islam modern yang berlandaskan ajaran Al-Quran dan Hadits.
Salah satu keunggulan utama Perguruan Tinggi Wanita Padang Panjang Diniya adalah program tahfidz Quran yang ditawarkan kepada para santrinya. Program ini dirancang untuk membantu siswa menghafal seluruh atau sebagian Al-Quran. Selain itu, pesantren ini menerapkan sistem pendidikan berbasis multi kecerdasan yang berarti memperhatikan pengembangan berbagai aspek kecerdasan santri, baik kualitas intelektual, emosional, dan sosial.
Pesantren ini menawarkan program studi banding, umrah dan kegiatan lainnya di negara lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman beragam belajar tentang dunia dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
Fasilitas yang dimiliki Perguruan Tinggi Diniya Putri Padang Panjang antara lain masjid sebagai pusat ibadah dan kegiatan keagamaan, gedung serbaguna yang digunakan untuk berbagai kegiatan akademik dan non akademik, serta klinik kesehatan yang penting untuk menjaga kebugaran jasmani. siswa. Asrama pelajar menyediakan akomodasi, sedangkan gimnasium bermanfaat bagi fisik dan kesehatan siswa. Semua fasilitas ini telah diciptakan